Mudahnya Optimasi On-Page SEO dengan 5 Plugin SEO WordPress Terbaik

5-Plugin-SEO-Wordpress-Terbaik
Jika kamu menggunakan Wordpress sebagai platform website, kamu bisa juga dengan mudah melakukan implementasi SEO untuk wordpress, khususnya on-page SEO. Caranya adalah dengan mengikuti pengaturan permalink, judul, pemilihan konten, memilih tema untuk wordpress yang bersifat responsif hingga internal linking.
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

Daftar Isi Artikel

Hampir semua pengelola website pastinya menginginkan halaman websitenya bisa tampil pada mesin pencarian Google ketika diketikkan dengan kata kunci tertentu. Tidak cukup hanya bisa tampil saja dalam mesin pencarian Google tersebut, namun yang paling diharapkan adalah halaman website yang dimiliki dapat muncul pada halaman pertama. Ketika halaman website muncul pada halaman pertama Google, maka harapannya adalah adanya peningkatan pada traffict pengunjung.

Agar halaman website yang kamu kelola dapat muncul pada halaman pencarian Google, maka yang harus dilakukan adalah memahami bagaimana cara mesin pencarian Google itu bekerja. Cara memahaminya adalah yang pertama dengan melakukan analisa tentang bagaimana Google melakukan indexing sebagai syarat suatu website dapat ditampilkan di mesin pencari Google. Kemudian selanjutnya memahami pola yang dilakukan oleh Google untuk melakukan pemeringkatan suatu website. Dari berbagai analisa, maka didapatkan sebuah pola-pola yang kemudian coba dikelompokkan dan dibakukan. Dan hasil dari analisa tersebut dijadikan sebuah panduan yang dikenal dengan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Pada SEO dikenal dengan dua teknik dalam proses implementasinya. Yang pertama adalah on Page SEO, yaitu langkah optimasi SEO yang dilakukan secara internal pada halaman sebuah website. Optimasi internal yang dilakukan meliputi permalink, judul, konten, tema responsif hingga pada internal linking.

Teknik yang kedua adalah SEO off-page. Di mana implementasi optimasi SEO dilakukan di luar website. Teknik SEO off-page akan mengandalkan pada backlink atau inbound link yang akan menjadi indikator bahwa halaman website yang kamu kelola telah menjadi referensi bagi website lain. Google akan melakukan penilaian dari semakin banyaknya website yang memberikan referensi ke website yang kamu kelola.

Untuk teknik SEO Off-Page, yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan link builder dengan berbagai macam cara. Misalnya saja dengan menuliskan konten yang berkualitas, kemudian selanjutnya menyebarkan link di berbagai media sosial dan cara-cara lainnya.

Namun sebelum melakukan semua itu, yang lebih terpenting adalah kamu harus memastikan bahwa secara internal struktur dari halaman website kamu sudah mendukung SEO atau yang dikenal dengan implementasi teknik on-page SEO.

Jika kamu menggunakan WordPress sebagai platform website, kamu bisa juga dengan mudah melakukan implementasi SEO untuk wordpress, khususnya on-page SEO. Caranya adalah dengan mengikuti pengaturan permalink, judul, pemilihan konten, memilih tema untuk wordpress yang bersifat responsif hingga internal linking. Selain itu juga ada penekanan pada kata kunci tertentu yang diinginkan. Kamu harus pastikan bahwa pengaturan tersebut selalu diimplementasikan di setiap halaman website milik kamu.

5 Plugin SEO WordPress Terbaik

Namun sangat beruntung bagi pengguna WordPress, karena alih-alih melakukan pengecekan secara manual apakah halaman website sudah memenuhi yang disyaratkan dalam on page SEO atau belum, kamu bisa memanfaatkan plugin seo untuk wordpress yang telah banyak tersedia. Ada 5 plugins SEO WordPress terbaik yang bisa kamu pilih, antara lain:

1. Rank Math

trending-plugin-seo-wordpress

Rank Math adalah plugin SEO WordPress yang dibuat oleh Mythemeshop dan cukup baru jika dibandingkan dengan plugin Yoast SEO. Namun, karena plugin menerima respon positip dari para penggunanya bahkan diakui oleh pemain-pemain besar sepert Ahref maka kami menempatkan plugin seo ini di posisi pertama. Selain itu, plugin SEO WordPress terbaik ini bisa ada download gratis walaupun pihak developer (MyThemeShop) mengabarkan akan mengeluarkan versi premiumnya. Namun, tidak usah khawatir, semua fungsi yang sudah ada sekarang akan tetap gratis.

Plugin Rank Math ini bisa menjadi pilihan buat kamu yang sedang mencari plugin SEO WordPress terbaik karena sudah memiliki beberapa keunggulan seperti kemudahaan penggunaan, kemudian dukungan untuk membuat sitemap dari website. Selain itu Rank Math juga memberikan banyak fungsi untuk melakukan kontrol secara penuh untuk melakukan implementasi on page SEO di website kamu. Rank Math juga memberikan informasi peringkat website kamu di Search Enginre Ranking Page (SERP), jadi kamu bisa mendapatkan informasi, halaman website kamu sudah berapa di peringkat berapa di mesin pencarian google.

2. SEOPress

plugin-seo-wordpress-terbaik

Plugin SEO wordpress terbaik lainnya adalah SEOPress. Plugin ini mencoba untuk mengumpulkan semua elemen dasar SEO dan mengaturnya menjadi serangkaian menu dalam satu plugin. Ada dua versi SEOPress versi tidak berbayar  dan SEOPress Pro yang berbayar dan memerlukan berlangganan. Versi gratis mencakup banyak fungsi utama yang kamu butuhkan, sementara untuk versi Pro ditambahkan beberapa fungsi lainnya.

Plugin ini cukup mudah digunakan, setelah download dan diaktivasi, pengguna bisa langsung menggunakannya. Beberapa fitur yang dimiliki oleh SEO Press antara lain:

  • Kontrol terhadap title dan meta description,
  • Pembuatan sitemap XML,
  • menghasilkan meta data untuk Twitter Card,
  • Google Analytics

Sementara untuk SEO Press versi pro menambahkan fitur seperti google speed insight, integrasi dan optimalisasi WooCommerce serta pemantauan halaman yang tidak ditemukan (404).

3. All in One SEO Pack

plugin-seo-wordpress-terpopuler

Plugin All in One SEO Pack yang dirilis pada tahun 2007 ini adalah plugin SEO WordPress yang menyediakan fitur yang kamu perlukan untuk mengoptimalkan on-page SEO WordPress kamu. Cara penggunakan plugin ini sangat mudah karena dibuat dengan sederhana dan jelas.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh plugin All in One SEO Pack antara lain:

  • Pembuatan Sitemap
  • Dukungan Google Analytics
  • Pembuatan tag Meta secara otomatis
  • Memberikan informasi tentang duplikasi konten.

Selain versi gratis, plugin All in One SEO Pack juga menawarkan versi premium yang memberikan dukungan pada WooCommerce, SEO untuk video hingga SEO untuk kategori dan tag.

4. Premium SEO Pack

plugin-premium-seo-pack

Plugin Premium SEO Pack adalah sebuah plugin SEO WordPress yang sifatnya berbayar. Plugin ini mempunyai fitur SEO yang lengkap seperti fitur untuk mengoptimalkan gambar, posisi SERP, fitur untuk berbagi link di media sosial dan kebutuhan pengaturan dasar lainnya seperti pengaturan judul dan meta.

Beberapa fitur utama yang dimiliki plugin Premium SEO Pack antara lain:

  • Integrasi dengan Google Analytics
  • Pembuatan link internal secara otomatis
  • W3C Validator
  • Statistik berapa kali halaman web kamu dibagikan di media sosial
  • Publish konten ke facebook
  • Monitor halaman yang tidak ditemukan oleh pengunjung (404)
  • Optimasi gambar secara otomatis untuk Alt dan titlenya.
  • Modul SERP
  • Pembuatan sitemap secara otomatis
  • Modul Smushit untuk optimalkan ukuran gambar.

5. Plugin Yoast SEO

plugin-seo-terbaik-untuk-wordpress

Yang terakhir adalah plugin Yoast SEO yang merupakan salah satu plugin SEO WordPress terbaik yang dibuktikan dengan banyaknya website yang menggunakan plugin ini. Plugin Yoast SEO akan membantu anda untuk optimasi SEO pada title, meta description dan meta keyword pada setiap halaman website kamu. Plugin Yoast SEO juga memberikan saran terbaik untuk implementasi keyword, url, tag dan lainnya.

Plugin Yoast SEO cukup mudah untuk digunakan. Dengan menggunakan penggambaran seperti sistem lampu lalu lintas, plugin ini menunjukkan bagaimana penilaian konten yang ada pada halaman website kamu ketika ditampilkan di mesin pencari Google. Selain itu plugin ini melengkapi dengan penilaian kualitas konten dari sudut kemudahan membaca oleh pengunjung website kamu.

Plugin Yoast SEO tersedia secara gratis, namun juga menyediakan versi premium yang berbayar. Perbedaan pada versi premium adalah adanya fitur untuk multiple keyword, pengaturan redirection jika ada halaman tidak ditemukan (404) serta saran untuk internal backlink.

Demikian ulasan 5 plugin optimasi SEO yang bisa membantu website kamu untuk ranking ‘page one‘ di mesin percari serperi google dan bing. Walaupun SEO bukanlah suatu ilmu yang pasti namun dengan meng-optimasi on-page SEO di website kamu akan meningkatkan peluang kata kunci yang kamu incar masuk ke dalam halam pertama mesin pencari.

Selain dari plugin SEO, ada beberapa plugin yang wajib ada di wordpress kamu. Penasaran ingin tahu plugin apa saja yang kamu butuhkan. Baca artikel kamu “7 Kategori Plugin Wajib WordPress Yang Harus Kamu Install“.

Kamu Suka Artikel Ini? Bagikan Ke Temanmu dan Yang Lain!
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Artikel Lainnya Yang Patut Anda Ketahui
Pilih LAMP atau LEMP
Hosting & Domain
LAMP atau LEMP? Stack Apa Yang Kamu Pilih?

Anda mungkin sering mendengar tentang LAMP dan LEMP ketika berbicara tentang konfigurasi sebuah web server, dan kitapun sering bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan di antara keduanya. Sebenarnya perbedaan yang paling signifikan adalah pada perangkat lunak web server yang digunakan.

Tidak Ingin Ketinggalan Artikel, Tips dan Tutorial Wordpress Terbaru?
Masukkan Email Anda Agar Selalu Update tentang Info Terbaru seputar wordpress.
customer-care-support