7 Kategori Plugin Wajib WordPress Yang Harus Kamu Install

plugin wajib wordpress
Pada tulisan ini akan diulas mengenai 7 plugin wajib wordpress yang harus kamu install di website berbasis wordpress yang kamu kelola. Simak ulasannya.
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

Daftar Isi Artikel

WordPress adalah sebuah platform Content Management System (CMS) yang saat ini sangat populer di dunia. Dengan kemudahan yang diberikan oleh worpdress, kamu bisa membuat website yang diperuntukkan untuk apapun misalnya untuk website perusahaan, personal blog ataupun website untuk suatu acara. WordPress ini mempunyai keunggulan dalam implementasi pembuatan sebuah website dengan cara cepat. Kemudahan inilah yang membuat wordpress menjadi sebuah CMS yang sangat populer di dunia saat ini.

Meski memiliki kemudahan dalam membuat sebuah website, ternyata kamu tidak cukup hanya melakukan instalasi wordpress saja. Kamu juga harus menambahkan modul lainnya atau yang dikenal dengan istilah plugin. Plugin ini berguna agar website berbasis wordpress tersebut memiliki kemampuan lebih yang lebih baik daripada sebuah website dengan wordpress yang standar.

Dengan popularitas yang dimiliki oleh wordpress, banyak pengembang yang memberikan dukungan dengan membuat berbagai macam plugin untuk wordpress. Namun tidak semua plugin harus kamu pakai, kamu bisa memilih plugin yang mana saja dan penting untuk kamu install di wordpress kamu. Pada tulisan ini akan diulas mengenai 7 plugin wajib wordpress yang harus kamu install di website berbasis wordpress yang kamu kelola. Simak ulasannya.

1. Plugin Untuk Backup Website

plugins wajib untuk backup di wordpress

Plugin wajib wordpress yang pertama adalah plugin yang digunakan untuk melakukan backup website. Kegunaan dari plugin ini adalah agar website yang kamu kelola memiliki backup ketika terjadi sesuatu, misalnya saja terjadi error pada website kamu atau jika website kamu terkena hacking. Juga misalnya terjadi masalah pada server tempat kamu menaruh website. Tentunya semua hal tersebut tidak diinginkan terjadi. Namun hal-hal tersebut berpotensi terjadi jika kamu mengelola suatu website. Anjuran yang sering disampaikan pada saat mengelola website adalah memiliki backup terhadap website yang dikelola.

Beruntungnya, wordpress menyediakan berbagai macam plugin yang mempunyai fungsi untuk melakukan backup website. Beberapa plugin untuk backup website antara lain seperti Updraft Plus, backupbuddy dan wpvivid backup. Pada prinsipnya plugin untuk backup website tersebut akan melakukan duplikasi file website baik secara langsung oleh pengelola website ataupun secara terjadwal. Untuk settingan terjadwal, bisa dilakukan dengan setting waktu pada waktu tertentu. Misalnya backup secara harian, mingguan, bulanan ataupun diset pada saat tertentu.

Tidak hanya file yang dibackup, plugin ini juga mampu melakukan backup terhadap database yang digunakan oleh wordpress. Tentunya ini juga hal yang penting, mengingat segala data yang ditampilkan di website tersebut disimpan di dalam suatu database.

Dari hasil file yang yang dibackup tersebut, kamu bisa menyimpannya di mana saja. Biasanya plugin backup akan mempunyai pilihan penyimpanan, baik disimpan di komputermu ataupun disimpan di penyimpanan cloud.

Dengan memakai plugin backup, jika terjadi sesuatu pada website, maka dengan mudah kamu bisa melakukan restore atau pengembalian file ataupun data dari backup yang telah disimpan. Klik link berikut untuk ulasan detail plugin backup di WordPress.

2. Plugin Untuk Optimasi Kecepatan

plugins wajib untuk optimasi kecepatan

Plugin wajib wordpress kedua yang harus kamu install adalah plugin yang digunakan untuk melakukan optimasi kecepatan website. Dengan memakai plugin ini, maka wordpress kamu dapat semakin cepat diakses. Cara kerja plugin ini adalah dengan cara melakukan evaluasi apa saja yang membuat website kamu menjadi lambat untuk diakses seperti file CSS dan javascript yang menyertai setiap website ditampilkan.

Dengan memanfaatkan teknologi Cache, maka plugin ini akan menyimpan file CSS dan Javascript dari website kamu dan ketika halaman website kamu diakses, browser tidak lagi meminta ulang file CSS dan Javascript dari server, tetapi cukup mengambil dari Cache. Sehingga halaman website kamu bisa lebih cepat untuk ditampilkan. Beberapa contoh plugin untuk optimasi kecepatan antara lain WP Rocket, LSCache, dan swift performance.

Baca juga: 7 Plugin Cache WordPress Terbaik Untuk Mempercepat Website Anda

3. Plugin Untuk Keamanan di WordPress

plugins untuk meningkatkan keamanan di wordpress

Plugin yang ketiga adalah plugin yang berkaitan dengan keamanan di wordpress. Seperti yang diketahui bahwa keamanan suatu website itu adalah hal yang sangat penting. Tentu tidak terbayang jika website yang dikelola menjadi tidak bisa diakses dikarenakan adanya gangguan misalnya terinfeksi oleh malware. Ataupun jika website kamu ada yang mengakses secara bertubi-tubi dan akhirnya website menjadi down.

Oleh sebab itu kamu harus melengkapi wordpress kamu dengan plugin yang mampu melindungi keamanan website. Plugin ini akan menjaga website kamu ketika terjadi pengaksesan yang tidak sebagaimana mestinya, kemudian melakukan tindakan terhadap usaha akses tersebut. Beberapa contoh plugin untuk keamanan di wordpress antara lain Wordfence, WP Security Ninja dan Sucuri. Klik link berikut untuk lebih tahu tentang plugins keamanan terbaik di WordPress. Ingin tahu plugin sekuriti terbaik versi kami, klik link berikut untuk membaca ulasan “7 Plugins Keamanan WordPress Terbaik Yang Wajib Kamu Install“.

4. Plugins Untuk Optimasi SEO

plugins untuk assist optimasi on-page

Plugin yang satu ini juga menjadi salah satu plugin yang wajib kamu install yaitu plugin untuk melakukan optimasi Search Engine Optimization (SEO). Metode SEO adalah metode yang digunakan untuk memastikan bahwa halaman website yang dipublikasikan sesuai dengan algoritma mesin pencarian milik Google. Dengan mengikuti algoritma tersebut, diharapkan halaman yang dipublikasikan tersebut diindeks oleh Google dan dapat muncul ketika kata kunci tertentu diketikkan di halaman pencarian Google.

Meski mengetahui algoritma tersebut dan bisa secara langsung menerapkannya di halaman yang diposting, namun hal ini membuat tentu akan membuat repot karena setiap membuat postingan baru maka kamu harus memastikan apakah halaman yang diposting tersebut sudah sesuai dengan algoritma yang diminta atau belum.

Dengan melakukan instalasi untuk optimasi SEO, kamu tinggal mengikuti arahan dari plugin tersebut. Semisal berapa jumlah minimal kata yang harus ada,. Selain itu kamu juga bisa menentukan kata kunci apa yang ingin dipakai dan plugin tersebut akan membantu kamu untuk mengarahkan apa yang harus dilakukan dengan kata kunci yang sudah ditentukan tersebut.

Beberapa contoh plugin untuk optimasi SEO antara lain RankMath, SEOPress dan Yoast. Ingin tahu lebih detail dan plugins mana yang seharusnya kamu install, simak ulasan plugin seo wordpress disini.

5. Plugin untuk Kompres Gambar di WordPress

plugins untuk kompress gambar

Plugin selanjutunya yang harus kamu install di wordpress kamu adalah plugin untuk melakukan kompress gambar. Plugin ini sangat penting, terutama untuk kamu yang suka menyertakan gambar di postingan kamu.

Biasanya gambar yang diupload dan disertakan di postingan akan dipilih dari gambar yang jelas dan besar. Tetapi hal tersebut menimbulkan dampak pada ukuran file yang besar dan pada saat postingan tersebut ditampilkan maka bisa berpotensi untuk menimbulkan kelambatan pada saat diakses. Tentu website yang lambat membuat pengaksesnya jadi malas untuk kembali lagi.

Nah disinilah kegunaan plugin untuk kompress gambar ini. Dengan plugin ini, kamu bisa melakukan kompress setiap gambar yang diupload. Caranya pun cukup mudah. Kamu tinggal memilih gambar mana yang akan dikompress, ataupun menyerahkan kepada plugin untuk memilih gambar sekaligus melakukan kompresi terhadap gambar tersebut.

Plugin untuk kompress gambar yang bisa kamu pakai antara lain Smush It, ShortPixel, dan EWWW Image Optimizer. . Ada banyak plugin gratis dan berbbayar yang bisa kamu gunakan dalam meng-kompress berkas gambar. Jika penasaran tentang plugin terbaik untuk kompress gambar versi “RepublikWebsite. Klik link berikut untuk “Kompres Gambar Online dan Otomatis di WordPress“.

6. Plugin untuk Sharing ke Social Media

plugins untuk sharing ke social media

Tentunya kamu pasti ingin agar apa yang sudah kamu posting dapat dibaca oleh banyak orang di internet. Salah satu caranya adalah dengan menyebarkan link di berbagai social media yang ada. Namun demikian akan sangat kerepotan jika setiap kali kamu mempunyai postingan terbaru, maka setiap kali itu pula kamu harus menyebarkan link postingan terbaru kamu di berbagai social media.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu tinggal install plugin untuk sharing ke berbagai social media seperti Social Snap, Monarch, dan Easy Social Share Buttons. Dengan menggunakan plugin ini, kamu tidak akan mengalami kerepotan lagi. Plugin ini akan membantu publikasi ke berbagai social media yang kamu inginkan.

Setelah install, kamu tinggal set akun social media apa saja yang akan secara otomatis mempublikasikan link yang barusan kamu posting. Untuk set akun social media biasanya membutuhkan otorisasi sebagai pemilik akun dengan cara memasukkan user dan password terlebih dahulu ataupun menggunakan teknik otorisasi lainnya. Beberapa plugin juga memiliki fitur penjadwalan posting. Dengan fitur penjadwalan ini, maka postingan tersebut tidak akan secara langsung dipublikasikan di media sosial, tetapi mengikuti jadwal yang sudah ditentukan.

7. Plugin untuk Membuat Formulir

plugins terbaik wordpress untuk bangun formulir

Plugin yang penting lainnya adalah plugins untuk membuat formulir. Plugin ini digunakan untuk berinteraksi dengan pengunjung website. Misalnya ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut oleh pengunjung, maka pertanyaan tersebut bisa diajukan melalui formulir ini.

Tentunya formulir ini mempunyai kelebihan daripada hanya mencantumkan email ataupun kontak telepon. Kelebihannya adalah dengan menggunakan formulir setiap interaksi bisa terstruktur dan tercatat lebih rapi daripada memakai email atau kontak telepon. Kamu juga bisa mendata siapa saja pengunjung yang berinteraksi melalui formulir tersebut dengan misalnya memberikan kolom isian nama, email dan telepon.

Dengan plugin untuk membuat formulir ini, kamu bisa dengan mudah membuat dan mengelola formulir yang digunakan untuk berinteraksi dengan pengunjung. Beberapa contoh plugin untuk membuat formulir di wordpress antara lain Gravity Form, Fluent Form, dan Contact Form 7.

Itu tadi ulasan 7 plugin wajib wordpress yang harus kamu install. Dengan melakukan instalasi ketujuh jenis plugin wordpress ini, maka website kamu akan semakin optimal dan memberikan kemudahan dalam mengelolanya.

Kamu Suka Artikel Ini? Bagikan Ke Temanmu dan Yang Lain!
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Artikel Lainnya Yang Patut Anda Ketahui
install-ssl-di-cpanel
Development & Security
Cara Install SSL di CPanel dan WordPress

Salah satu penyebab maraknya penggunaan sertifikat SSL adalah ketika Google menyarakan bahwa situs yang memiliki sertifikat SSL akan mendapatkan peringkat yang lebih baik jika dibandingkan dengan situs yang tidak mengaktifkan SSL.

plugin-keamanan-di-wordpress
Development & Security
7 Plugins Keamanan WordPress Terbaik Yang Wajib Kamu Install

Platform Wordpress menyediakan berbagai fitur keamanan penting untuk website kamu dengan menggunakan plugin keamanan Wordpress yang tersedia. Buat kamu yang ingin website Wordpress kamu selalu berjalan normal tanpa ada masalah yang disebabkan oleh hacker, tidak ada alasan untuk tidak menginstall salah satu plugin di bawah ini yang dapat meningkatkan keamanan website kamu.

Tidak Ingin Ketinggalan Artikel, Tips dan Tutorial Wordpress Terbaru?
Masukkan Email Anda Agar Selalu Update tentang Info Terbaru seputar wordpress.
customer-care-support