Anda Perlu Tahu Perbedaan Post dan Page di WordPress

Perbedaan-Post-dan-Page-di-Wordpress
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

Daftar Isi Artikel

RepublikWebsite.com – Anda yang sering membuat tulisan dengan   menggunakan   WordPress tentu  sudah familiar dengan perbedaan post dan page di wordpress. Namun, bagi Anda yang pemula mungkin saja masih meras bingung untuk memahaminya. Maka, Anda dapat menyimak artikel ini di bawah ini.

Salah satu keunggulan WordPress yang paling diminati adalah perangkat lunak antar mukanya yang mudah digunakan. Tampilannya akan seperti Microsoft  Word, sehingga Anda akan mudah memanfaatkannya.

Pada saat Anda baru saja  menginstal WordPress dan masuk ke dalam  bagian dashboard nya, Anda dapat melihat terdapat  dua bagian  yang disediakan WordPress  untuk membuat konten atau  isi tulisan Anda. Anda akan melihat Post dan Page. Ditilik dari namanya saja sudah berbeda, apalagi  fungsinya, walaupun mempunyai bentuk yang mirip satu sama lainnya.

Apa Perbedaan Post dan Page di WordPress?

Sekarang, kita akan lihat perbedaan  Post dan Page  sehingga Anda dapat memaksimalkan fitur  yang disediakan  WordPress ini  dengan maksimal.

Post

Di WordPress, post dapat Anda gunakan jika Anda ingin menerbitkan konten yang  bersifat rutin pemunculannya. Jika Anda ingin menerbitkan artikel setiap hari, maka sebaiknya Anda  membuatnya dalam bentuk post.

Konten yang  Anda  buat   dengan post akan diurutkan berdasarkan urutan waktu, sehingga  postingan arsip  akan dibuat berdasarkan waktu, misalnya bulan dan  tahun.

Post Anda akan ditampilkan secara berurutan pada halaman yang Anda punyai. Post yang Anda buat akan  tersimpan pada bagian halaman archives  sehingga post Anda akan muncul berdasarkan waktu. Artinya, Post  terbaru akan    berada  di atas  post yang lama, karena  dia akan menjadi post yang muncul terlebih dahulu.

Anda pun dapat  memasukan kategori-kategori tertentu   untuk pembuatan artikelnya. Untuk memudahkan pencarian pengunjung, Anda  dapat memasukan tulisan Anda dalam kategori tertentu. Misal Anda  mempunyai website tentang  kepenulisan, Anda dapat membuat kategori fiksi dan nonfiksi, dengan demikian pembaca Anda akan dengan mudah mendapatkan artikel yang mereka butuhkan.

Selanjutnya, semua post yang Anda buat akan dimasukkan ke dalam RSS feed. RSS feed ( Rich Site summary ) sendiri adalah   suatu halaman yang berisikan  semua   post Anda dalam website.   Anda  dapat mempunyai RSS  feed  jika pembaca ingin berlangganan dan  menerima pemberitahuan tentang  konten terbaru dari website yang anda kelola.

Anda juga dapat menggunakan RSS feed untuk mengirimkan surat elektronik atau email  melalui Mailchimp.

Kelebihan Post

Kelebihan post yang lainnya  adalah

  • Dapat dibagikan pada media sosial yang dimiliki oleh setiap pengunjung yang datang. Post memungkinkan pengunjung website Anda untuk  membagikan postingan tertentu pada media sosial yang mereka miliki, misalnya Twitter, Facebook atau yang lainya.
  • Post  mungkin Anda meningkatkan komunikasi dengan   pengunjung  yang mengomentari postingan topik tertentu. Biasanya komentar ini akan muncul pada postingan yang  mereka sukai.
  • Jika anda tidak menghendaki adanya komentar pada post, maka anda dapat mengaturnya. Masuklah pada menu pengaturan lalu diskusi untuk mematikan  kolom komentar.

Page

Pengaruh SEO pada perbedaan post dan page di wordpress

Lain lagi dengan Page. Page  dapat Anda Gunakan untuk membuat  halaman yang bersifat tetap. Page dikenal dengan halam statis. Halaman page biasanya tidak sering mengalami perubahan, oleh karena itu  biasanya page digunakan untuk  halaman tentang kami. Halaman ini b seringkali tidak mengalami perubahan terlalu banyak.Halaman yang Anda Buat dengan menggunakan page tidak akan berurutan   berdasarkan   tanggal penerbitannya.  Urutan  pada page   dapat  disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Anda tinggal memberikan penanda berupa nomor  urut  pada masing-masing page yang dimaksudkan.

Perbedaanya dengan Post adalah Page  tidak disertakan pada halaman   arsir dan RSS. Page  tidak dimasukan dalam  kategori  dan tag. Anda dapat  membuat sub page. 

Page dapat dibuat   untuk halaman yang berisi tentang Anda, panduan tentang sesuatu , kontak anda ataupun daftar yang berisikan tentang blog Anda.

Template Kostum

Page dapat dipergunakan sebagai template kostum. Anda dapat merubah    tampilannya  melalui halaman, 

Order

Order adalah   fasilitas yang  memungkinkan Anda untuk   mengurutkan halam dengan memberikan angka. Pengurutan ini   dapat dilakukan dengan menggunakan plugin Simple Page Ordering. Anda  dapat melakukan drag dan drop untuk membantu Anda mengurutkan halaman.

Pengaruh SEO 

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah  SEO berpengaruh  pada post dan page? Jawabannya adalah  tidak karena keduanya sama di mesin pencari.Tujuan membuat post dan page adalah  untuk kemudahan pengunjung website yang dikelola, Pembuatan  Post dan page tidak dimaksudkan untuk  mesin pencari,

Namun, ada satu pertimbangan yang perlu Anda ketahui.

  • Setiap Post akan mempunyai tanggal penerbitan.  Jika Anda memiliki post yang   membutuhkan konten yang harus diperbarui terus menerus, maka jika Anda tidak melakukannya,  selama jangka waktu tertentu, bisa jadi peringkatnya akan turun.
  • Anda dapat mencoba menerapkan SEO on Page  yang menjadikan  page sebagai   internal  link post. Caranya adalah, jika Anda membuat artikel dengan kata kunci tertentu yang relevan dengan page yang ada pada  website Anda, maka Anda dapat menaruh  link pada kata kunci tersebut yang mengarahkannya pada page yang dimaksud.

Post dan Page

Perbedaan-Post-dan-Page

Sejatinya, post dan page dibuat untuk memudahkan  pengguna untuk mengelola konten, khususnya artikel yang dibuat oleh pengguna CMS WordPress.Jelasnya perbedaan Post dan Page adalah sebagai berikut

  • Post memiliki sifat dinamis, yang artinya berubah setiap waktu. Sementara page adalah statis yang    tidak berubah setiap saat. 
  • Post dapat digunakan untuk menulis artikel, berita terbaru, konten atau blog yang Anda inginkan.  Sementara Page   digunakan  untuk membuat a halam  yang berisikan  About Us, konta, FAQ , Profil dan lain sebagainya.
  • Anda tidak bisa menjadikan post sebagai  homepage. Namun, page dapat Anda jadikan  homepage.
  • Anda dapat mengkategorikan post dan memberikan tag, sedangkan pada page, Anda tidak dapat melakukan hal yang sama.
  • Post dirancang untuk   tidak memiliki template, sementara pada  Page mempunyai kelebihan tersebut.
  • Post  yang Anda buat dapat   masuk ke dalam RSS Feed,  sementara page tidak.
  • Post dapat dimasukkan ke  halaman yang default, sementara penempatan page sudah ditentukan.Page dimasukan ke dalam halaman tertentu.
  • Post akan lebih sering diupdate oleh adminnya, sementara page tidak.

Meskipun post dan page seakan akan tidak  ada kaitannya satu sama lain, tetapi keduanya saling melengkapi. Anda dapat menautkan link antar post dan page, sehingga akan terjadi kerjasama untuk meningkatkan konten pada website Anda.

Setelah Anda membaca  tentang perbedaan post dan page di WordPress, tentu Anda pahami bagaimana memaksimalkan   keduanya.  

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat dan menyediakan konten  pada website yang menjadi salah satu media komunikasi, Anda dapat mencari  penyedia layanan jasa pembuatan dan instalasi WordPress, seperti RepublikWebsite.com. salah satu penyedia jasa WordPress yang akan melayani  dan menyediakan kebutuhan Anda sehingga performa website  Anda akan maksimal.

Apalagi yang Anda tunggu?  Kunjungi websitenya dan dapatkan semua informasi yang berkaitan dengan WordPress. 

Kamu Suka Artikel Ini? Bagikan Ke Temanmu dan Yang Lain!
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Artikel Lainnya Yang Patut Anda Ketahui
plugin-keamanan-di-wordpress
Development & Security
7 Plugins Keamanan WordPress Terbaik Yang Wajib Kamu Install

Platform Wordpress menyediakan berbagai fitur keamanan penting untuk website kamu dengan menggunakan plugin keamanan Wordpress yang tersedia. Buat kamu yang ingin website Wordpress kamu selalu berjalan normal tanpa ada masalah yang disebabkan oleh hacker, tidak ada alasan untuk tidak menginstall salah satu plugin di bawah ini yang dapat meningkatkan keamanan website kamu.

install plugin
Paduan Wordpress
Cara Install Plugin WordPress

Sebelum kita memulai tutorial install plugin wordpress, perlu kami ingatkan jika paduan cara install plugin wordpress ini hanya berlaku untuk wordpress self-hosted (wordpress.org) dan tidak bisa di aplikasi pada wordpress.com, kecuali anda mengunakan plan bisnis.

Tidak Ingin Ketinggalan Artikel, Tips dan Tutorial Wordpress Terbaru?
Masukkan Email Anda Agar Selalu Update tentang Info Terbaru seputar wordpress.
customer-care-support