Bagaimana Cara Membuat Subdomain dengan Mudah di cPanel

cara-membuat-subdomain-dengan-cpanel
RepublikWebsite.com - Bagi orang yang terbiasa dengan Internet, istilah domain dan subdomain bukan hal asing lagi. Namun bagi para pemula, bagaimana cara membuat subdomain masih menjadi pertanyaan besar. Mengingat mereka belum terbiasa dengan berbagai istilah yang kerap ditemukan dalam Internet ini.
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram

Daftar Isi Artikel

Pada era global sekarang ini, memiliki website merupakan sebuah keharusan bagi para pelaku usaha. Baik usaha online maupun offline. Dengan keberadaan Website ini, Anda dapat menjangkau klien lebih banyak. 

Hal tersebut dimungkinkan oleh kemajuan teknologi yang dapat dijangkau oleh siapa pun. Baik wilayah perkotaan maupun wilayah pedesaan dapat mengakses Internet dengan mudah. Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda memiliki website untuk membantu promosi usaha. 

Namun sebelum mempelajari cara mengelola website serta membuat domain dan subdomain. Bagi Anda yang masih pemula, bisa mencoba mengenali istilah tersebut lebih dulu. Sehingga dapat melangkah ke pembuatan subdomain untuk website milik Anda. 

Pengertian Domain dan Subdomain 

subdomain-website

Bila Anda sering berselancar di dunia maya, tentunya pernah mengunjungi berbagai situs. Contoh situs yang mungkin Anda kunjungi adalah Twitter, Google, Facebook maupun situs-situs yang lain. Lalu apa arti dari domain dan subdomain? 

Pengertian Domain 

Dilansir dari Wikipedia, domain ialah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan internet. Lazimnya alamat sebuah server menggunakan alamat ip agar bisa menuju Web yang dituju. 

Namun alamat ip ini tidak bisa dihafal begitu saja oleh semua orang. Terlebih lagi alamatnya yang didominasi oleh angka-angka. Untuk itu dibuat alamat website berupa domain agar mudah mengingatnya. 

Pengertian Subdomain 

Setiap negara memiliki alamat domain yang berbeda-beda agar lebih mudah diingat. Khusus Indonesia, domain yang digunakan adalah domain.id yang resmi dipergunakan pada tahun 2005. Kemudian dipecah lagi menjadi beberapa subdomain. 

Subdomain banyak digunakan sebagai pembeda pada bagian dari sebuah website. Sedang penjelasan singkatnya adalah bagian dari domain yang dipisahkan dengan tanda titik. 

Bagaimana Cara Membuat Subdomain dengan Cara Mudah

register-domain

Setelah mengetahui pengertian dari kedua istilah tersebut. Langkah selanjutnya tinggal mempelajari bagaimana cara membuat subdomain dengan  mudah bagi para pemula. Begini cara yang harus dilakukan agar bisa membuatnya. 

Masuk ke cPanel hosting

Langkah pertama untuk pembuatan subdomain adalah login cPanel dengan menggunakan https://namadomain/cpanel, Kemudian masuk sesuai dengan email untuk mengkonfirmasi account hosting.

Pilih menu subdomain 

Setelah berhasil masuk ke dalam cPanel hosting, segera cari menu Subdomain di bagian kolom pencarian. Klik menu Subdomains lalu ikuti petunjuk berikutnya agar bisa melanjutkan tutorial. 

Buat subdomain 

Pada menu tersebut, Anda akan menemukan kolom Create a Subdomain. Pada bagian tersebut Anda bisa membuat nama subdomain sesuai dengan keinginan. Lalu,  pilih domain yang diinginkan untuk membuat subdomain tadi. Kemudian klik Create

Subdomain selesai diproses

Setelah mengikuti berbagai petunjuk yang diberikan pada bagian atas. Maka subdomain pada website milik Anda pun telah selesai dibuat. Anda juga dapat mengetahui subdomain yang ada pada bagian bawah halaman. Cara mengetahui subdomain yang ada adalah dengan cara klik Modify a Subdomain. 

Anda juga dapat mengubah atau menghapus subdomain tersebut. Untuk menghapus, cukup klik remove. Sedangkan bila ingin mengubah atau melakukan pengeditan, bisa dengan menekan Ikon pensil. Letaknya berada di sebelah public_html/blog. 

Bagaimana Cara Membuat Subdomain dan Keuntungan Memiliki Website

Sempat dibahas pada bagian atas artikel, website sangat besar perannya untuk membesarkan usaha yang Anda miliki. Setelah mengetahui bagaimana cara membuat subdomain, Anda bisa menyimak keuntungan-keuntungan yang ditawarkan oleh website. 

Branding

Website menjadi sarana yang tepat untuk menjadi sarana branding perusahaan. Pasalnya Anda dapat menyajikan berbagai informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan dalam website tersebut. Para klien juga akan lebih percaya pada perusahaan yang memiliki website. 

Media promosi paling tepat

Berbeda dengan toko atau kantor, website tidak direpotkan dengan jam tutup atau jam buka. Promosi dengan menggunakan media ini juga lebih mudah, murah, dan tepat sasaran. 

Dalam website tersebut, dapat dicantumkan informasi lengkap tentang produk serta promosi yang sedang dijalankan. Para klien pun dapat menerima informasi dengan lebih cepat. 

Pengenalan produk tepat sasaran

Memiliki Website akan membantu para klien atau pelanggan untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai produk. Selain itu dapat juga menambahkan penjelasan mengenai perusahaan secara detail. 

Penjualan yang meningkat

Website yang lengkap tentu akan membuat tugas Anda menjadi lebih ringan. Para klien dapat memilih lalu melanjutkan transaksi dalam website. Dengan begitu Anda dapat mengoptimalkan penjualan agar bisa mencapai target. 

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara membuat subdomain secara lebih lengkap. Sehingga penjualan atas produk atau jasa yang Anda tawarkan pun semakin meningkat sesuai harapan. Jadi jangan ragu lagi, segera buat Website untuk memasarkan perusahaan milik Anda.

Kamu Suka Artikel Ini? Bagikan Ke Temanmu dan Yang Lain!
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Artikel Lainnya Yang Patut Anda Ketahui
plugin-keamanan-di-wordpress
Development & Security
7 Plugins Keamanan WordPress Terbaik Yang Wajib Kamu Install

Platform Wordpress menyediakan berbagai fitur keamanan penting untuk website kamu dengan menggunakan plugin keamanan Wordpress yang tersedia. Buat kamu yang ingin website Wordpress kamu selalu berjalan normal tanpa ada masalah yang disebabkan oleh hacker, tidak ada alasan untuk tidak menginstall salah satu plugin di bawah ini yang dapat meningkatkan keamanan website kamu.

nginx-web-server
VPS & Web Server
Apa Itu NGINX? Mengenal Lebih Dekat Dengan NGINX!

Nginx atau bisa kita sebut “engine-x” adalah satu diantara dari sekian banyak teknologi web server dipakai oleh umat manusia saat ini. NGINX merupakan webserver open source yang cukup terkenal dan sekarang bukan hanya digunakan sebagai web server…

Tidak Ingin Ketinggalan Artikel, Tips dan Tutorial Wordpress Terbaru?
Masukkan Email Anda Agar Selalu Update tentang Info Terbaru seputar wordpress.
customer-care-support